Selasa, 29 Mei 2012


Wakil Bupati Natuna Imalko Ismail S.Sos

Imalko Siasati Hubungan Antar Negara

MN, Natuna – Wakil Bupati Natuna Imalko Ismail S.Sos tengah merancang titik cerah untuk perubahan wilayah kerjanya yang lebih baik, adapun hal ini diperlukan siswa berpretasi sebagai generasi penerus daerah yang bakal dijadikan mediatornya. Salah satu startegi yang tengah disiasati untuk mewujudkan misi tersebut yakni dengan menggandeng hubungan kerjasama dibidang pendidikan dengan negara tetangga pada tahun anggaran mendatang.

Menurutnya, jika dikaji lebih jauh, banyak aktiftas yang dilakoni lembaga pemerintah maupun swasta dari Pulau Jawa ke negara tetangga, daerah yang dilirik ini justru secara geografis berbatasan langsung dengan Natuna, seperti, Malaysia, Brunei Darusalam, Vietnam, China dan Hongkong.

Kelima negara asia ini diakui memiliki keunggulan dibidang politik, birokrasi, perekonomian, industri dan ilptek yang jauh lebih maju, hal inipun diketahuinya setelah memijakan kakiknya ke China dan Vietnam, dalam kunjungan study banding Lemhanas belum lama ini.

Ia juga menilai bahwa China sebagai negara terpadat penduduk memiliki banyak sisi positifnya, terutama dibidang pendidikan, jadi bukan tidak mungkin pemerintah mempelopori untuk melirik negara ini, tidak hanya sebatas keluar daerah selama ini seperti, Bandung, Jakarta, Pekanbaru, Pontianak dan Jogjakarta.

kita akan sekolahkan anak- anak kita kesana, sehingga hubungan Natuna dengan kelima negara tetangga itu menjadi lebih baik.”

Diawali dari bidang pendidikan, tentunya sebuah peluang besar bagi daerah untuk menjalar kepada bidang-bidang lainnya, apalagi, Natuna juga memiliki banyak keunggulan, diluar daripada letak geografisnya yang strategis, daerah ini juga mengantongi ragam kekayaan keasenian tradisi dan Sumber daya Alam (SDA) nya.

Hal ini dalam waktu dekat akan didudukan satu meja dengan kepala daerah dan legislatif, menurutnya ini merupakan “win solution” untuk memulai perubahan, meskipun hasilnya tidak bisa dirasakan langsung bagi kontribusi daerah, namun demikian dirinya optimis niat baik ini akan membuahkan prospek hasil yang menjanjikan.
   
Sehingga dengan semangat baru dan kebersamaan untuk memikul beban pembangunan bersama, hal ini akan terasa semakin mudah dalam pencapaian Natuna yang Sejahtera, Merata dan Seimbang, karena itu, seluruh komponen masyarakat dengan pemerintah diwajibkan untuk menjalin hubungan yang harmonis dan sinergis sebagai modalnya.(Hermann).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar